Pupuk NPK


Bab 1 Pendahuluan

A.   Latar Belakang
Pupuk adalah senyawa yang mengandung unsur hara yang diberikan pada tanaman dengan jumlah dosis tertentu. Pupuk umumbya terdiri dari komponen-komponen yang mengandung unsur hara, zat penolak air, pengisi, pengatur konsistensi, kotoran dan lain-lain.
Pengelompokan pupuk dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu :
a.       Pupuk alam (pupuk organik) dan buatan (anorganik)
b.      Pupuk menurut unsur hara yang dikandungnya
Yang termasuk ke dalam pupuk alam adalah  night soil (kotoran manusia), pupuk kandang, pupuk hijau, dan kompos. Yang termasuk pupuk buatan yaiu urea, ZA, ammonium sulfat, NPK, MAP, kiserit, dan lain –lain. Yang termasuk ke dalam pupuk nitrogen antara lain pupuk Urea dan ZA. Yang termasuk pupuk Fosfor adalah TS, TSP, DS, SP 36, dan lain-lain yang termasuk ke dalam jenis pupuk kalium adalah ZK dan KCl,
Dalam ilmu pertanian pupuk dibedakan menjadi 2 golongan besar yaitu :
a.       Pupuk organik
Pupuk organik adalah pupuk yang terbuat dari sisa-sisa makhluk hidup yang diolah melalui proses pembusukan atau dekomposisi oleh bakteri pengurai contohnya adalah pupuk kompos dan pupuk kandang.
Keuntungan penggunanan pupuk organik pada tanah adalah:
·         Menyediakan sebagian besar unsur N dan Cu serta setengah dari unsure P perlahan-lahan.
·         Meningkatkan KTK tanah masam yang telah mengalami pelapukan lanjut
·         Dapat membentuk komplek dengan oksida amorf sehingga oksida amorf tidak mengkristal dan menurunkan fiksasi fosfor.
·         Memantapkan agregat tanah dan memperbaiki sifat fisika tanah sehingga menurunkan erosi pada tanah.
·         Meningkatkan kapasitas penahan air
·         Dapat membentuk komplek dengan unsur mikro sehingga mencegah pencucian.
b.      Pupuk Anorganik
Pupuk anorganik disebut juga dengan pupuk buatan yaitu jenis pupuk yang dibuat oleh pabrik dengan meramu berbagai bahan kimia sehingga memiliki prosentase kandungan hara yang tinggi. Contoh pupuk anorganik atau buatan adalah pupuk Urea, TSP, Gandasil, dan lain-lain.
Pupuk anorganik atau pupuk buatan ini dapat digolongkan berdasarkan jenis kandungan unsur haranya, yaitu dapat dibagi menjadi pupuk tunggal dan pupuk majemuk. Pupuk tunggal adalah pupuk anorganik yang memiliki kandungan unsur hara hanya satu macam, contohnya pupuk urea, yang hanya mengandung unsur hara nitrogen. Sedangkan pupuk majemuk adalah pupuk yang mengandung lebih dari unsur hara contohnya pupuk DAP yang mengandung unsur nitrogen dan fosfor, NPK yang mengandung unsur hara nitrogen, fosfor, dan kalium.
Menurut cara aplikasinya, pupuk buatan dibedakan menjadi dua yaitu pupuk daun dan pupuk akar. Pupuk daun adalah pupuk yang diberikan pada tanaman dengan cara penyemprotan pada daun tanaman kemudian tanaman menyerapnya melalui stomata pada daun. Contoh dari pupuk daun antara lain Gandasil D, Gandasil B, Grow More, dan Vitablom. Sedangkan pupuk akar adalah pupuk buatan yang diberikan melalui tanah kemudian diserap oleh tanaman melalui akar akarnya. download file selengkapnya disini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah D.O EXO-K dan Morgan SMASH mirip...???

Fakta Tentang Siwon (The Prince of SuJu)

Sinetron Yusra dan Yumna Sedikit Mencontek Drama Korea "Lie To Me"